Monday 27 November 2017

Passing Bola Voli,- Permainan bola voli masuk sebagai salah satu permainan bola besar. Untuk bisa bermain bola voli dengan bagus terdapat sebagian keterampilan yang seharusnya dikendalikan. Seseorang mungkin akan mempunyai spesialisasi pada satu keterampilan hal yang demikian, seumpama sungguh-sungguh terampil dalam keterampilan smash, block atau keterampilan yang lain. Tapi, dalam sebuah permainan seseorang seharusnya bisa menjalankan seluruh keterampilan. 

Oleh sebab itu, sungguh-sungguh penting bagi seluruh pemain untuk merajai seluruh keterampilan dasar dalam permainan. Pada bab ini kita akan belajar perihal berjenis-jenis keterampilan dalam permainan bola voli. Dalam keterampilan Bola Voli terdapat sebagian keterampilan diantaranya yaitu keterampilan servis, passing, smash dan block. Untuk itu kita mulai dari keterampilan passing.

Keterampilan Passing

Passing yaitu gerakan mendapatkan bola dari lawan. Passing dibagi menjadi dua variasi adalah passing bawah yang memakai lengan untuk mendapatkan bola, dan pasing atas yang mendapatkan bola memakai tenaga jari-jari untuk mendapatkan dan mengatur bola. Berikut sistem menjalankan passing atas dan bawah yang benar dalam permainan bola voli.

a. Passing Atas
Metode menjalankan Passing atas yaitu sebagai berikut

Berdiri berimbang dengan tumpuan dua kaki dan salah satu kaki di depan.
Pandangan diberi bimbingan pada bola dan badan sedikit condong ke depan.
Kedua tangan terbuka di atas terhadap dengan siku bengkok ke samping.
Dorong bola ke atas dengan memakai pangkal jari-jari tangan dicontoh dengan gerakan meluruskan kedua siku dan kedua lutut sehingga badan lurus.
Sikap akhir yaitu  gerak lanjut dari kedua lengan dicontoh oleh member tubuh lainnya.

Advertisement

 Kekeliruan: Sebagian kekeliruan yang kadang-kadang dijalankan ketika menjalankan passing atas yaitu sikap kaku, berdiri tak berimbang sebab kedua kaki tak dibuka dan searah, lutut tak ditekuk, kedua lengan tak berada di atas depan kepala, perkenaan bola tak pada jari-jari tangan, dorongan tak beriringan pada ketika meluruskan siku dan lutut, serta tak dicontoh gerak lanjutan.

Metode menjalankan Passing bawah yaitu sebagai berikut.
Berdiri berimbang dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, serta badan agak condong ke depan.
Kedua lengan dirapatkan dan lurus ke depan bawah.
Ayunkan kedua lengan secara bersama-sama lurus ke atas depan beriringan dengan meluruskan kedua lutut.
Perkenaan pada kedua tangan.
Sikap akhir adanya gerak alnjut dari lengan yang dicontoh member tubuh lainnya.

Kekeliruan: Sebagian kekeliruan yang kadang-kadang dijalankan ketika menjalankan Passing bawah yaitu sikap badan kaku, berdiri tak berimbang sebab kedua kaki tak dibuka, lutut tak ditekuk, kedua lengan kurang rapat, ayunan lengan dan meluruskan lutut tak beriringan, perkenaan bola tak pada kedua tangan, serta tak dicontoh gerak lanjutan.

No comments:

Post a Comment