Tuesday 28 November 2017

meroda

Teknik Dasar Meroda Dalam Senam Lantai ~ Meroda merupakan suatu gerakkan ke samping/sisi, bergantung atas kedua tangan dan kedua kaki terbuka besar/kangkang.


 Sepereti halnya hand stand, maka energi tangan, lengan dan bahu sungguh-sungguh menetapkan. Sekalipun kedua tangan menyangga muatan seluruh badan cuma dalam waktu yang sungguh-sungguh singakat. Sebenarnya meroda melihat format sikapnya merupakan hand stand dengan kedua kaki terbuka besar. Untuk kembali ke sikap berdiri tegak, meroda bergerak \\\"tumbang\\\" ke sisi, berlainan dengan hand stand yang kedua kaki kembali kebelakang dengan terpatah pada persendian.


Latihan pendahuuluan untuk meroda merupakan beragam sikap hand stand :
Hand stand dengan dibantu, kemudian kaki dibuka lebar
Hand stand pada tembok atau dinding
Penting sekali si kecil merasakan muatan badannya ditopang oleh satu tangan.
Masih pada latihan, supaya si kecil (badnnya) bergerak pada satu bidang vertikal. Untuk itu sebaiknya dibuat garis supaya si kecil menempatkan kedua tangan pada garis tersebut.


 Yaitu kesalahan lazim pada latihan si kecil berkeinginan menempatkan tapak tangan pertama \\\"secepat\\\" mungkin, sehingga dia menjalankan/menempuh \\\"jalan pintas\\\" yang mengakibatkan lutut kaki (sebelah arah meroda) terlalu dibengkokkan.

Gerakkan badan ke sisi dikerjakan dengan kedua kaki tangan/lengan dan kaki lurus. Tetaplah dan cuma pada posisi badan. Penempatan tangan pertama dikerjakan sesaat kaki tumpu menolak, kaki yang lain dilemparkan/diayunkan. Jadi tak sebaliknya : menempatkan tangan pertama baru kaki tumpu dan keki lempar/ayun \\\"bekerrja\\\". Menolong ini menyebabkan badan membungkuk.


Gerakkan tangan kedua (yang akan ditempatkan kemudian) hendaklah digerakkan lebih jauh (arah meroda) dan tangan pertama.

Penempatan kedua tangan mesti lebar + 2 x lebar bahu
Kepala konsisten menelentang.

Asisten si kecil meroda merupakan dengan berdiri di belakang si kecil, dengan kedua lengan bersikap siap mengontrol dan ikut memutarkan bagian pinggul si kecil.
Amati mesti bergerak kesisi sesuai arah roda yang dikerjakan si kecil, terus menirunya hingga si kecil berdiri tegak dengan kedua kaki kangkang.

 kedua lutut si kecil yang meroda, tak diperbaiki dibengkokkan/terpatah. Menolong ini kan menghambat gerakkan meroda dan kaki si kecil bisa mengenai muka pembantu di belakangnya.

No comments:

Post a Comment