Thursday 30 November 2017

hahal yang di persiapkan sebelum lari jarak jauh

Lari yaitu salah satu alternatif olahraga yang paling gampang dan simpel. Melainkan, akan lain ceritanya seandainya Anda mempertimbangkan untuk mengerjakan lari jarak jauh.

Lari jarak jauh butuh persiapan tersendiri yang perlu Anda matangkan dari jauh-jauh hari. Melaksanakan pola latihan yang pas bisa meningkatkan dan menjaga stamina Anda selama berlari puluhan kilometer nanti tanpa terlalu kecapekan. Berikut kiat seperti diberitakan Hellosehat.com:

1. Latih ketahanan tubuh

Untuk meningkatkan dan menjaga stamina Anda ketika lari jarak jauh, Anda perlu menyiapkan tubuh Anda secara jasmani untuk menghadapi tantangan. Yakni dengan latihan.

Olahraga yang tetap akan membangun dan meningkatkan ketahanan tubuh serta menguatkan ototAnda.

Dikala Anda mulai menambahkan latihan ekstra tiap pekan, cobalah kecepatan lari pantas energi bendung Anda, mulai dari yang lambat sampai pesat.

Anda semestinya menempuh 3 hingga 4 sesi per pekan selama 30 menit atau lebih. Hal ini bertujuan untuk membikin salah satu sesi bentang panjang Anda, di mana Anda berencana untuk berlari lebih jauh dari sebelumnya.

2. Catat waktu dan jarak tempuh

Menjaga stamina untuk lari jarak jauh dibutuhkan latihan dengan bentang panjang, dapat meningkatkan waktu berlatih atau jarak tempuh lari tiap harinya.

Tingkatkan waktu berlatih dan jarak tempuh lari secara berjenjang, tak dilema seandainya cuma sedikit. Konsentrasi pada jarak yang dicapai dan kecepatan akan meniru energi bendung tubuh Anda.

3. Atur tempo lari Anda

Latihan ini lazimnya dilaksanakan dalam jarak yang lebih pendek, melainkan dengan kecepatan yang lebih tinggi dari lazimnya. Tujuan latihan ini yaitu melatih tubuh Anda untuk membersihkan asam laktat dari aliran darah.

Berarti Anda dapat berlari lebih lama sebelum kelelahan dan terbentuknya asam laktat yang akan memperlambat tempo lari Anda. Hal ini juga akan meningkatkan kecepatan berlari Anda.

Atur tempo berlari Anda senyaman mungkin dan konsisten stabil, contohnya 20-40 menit atau 60 menit dalam tiap latihan. Anda tak perlu latihan lari dengan tempo yang senantiasa pesat yang membikin Anda terengah-engah, namun berlari lah dengan tempo yang stabil.

4. Konsumsi makanan yang pas untuk energi bendung ketika lari jarak jauh

Konsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat bisa menolong menjaga energi bendung tubuh Anda. Karbohidrat salah satu sumber kekuatan untuk mengerjakan lari jarak jauh.

Asupan karbohidrat bagi tubuh yang bagus sekitar 55 persen hingga 65 persen. Sekiranya Anda merasa lelah dan dengan mood yang tak bagus, sebaiknya tingkatkan konsumsi karbohidrat Anda.

5. Jangan lupa pendinginan dan pemulihan sesudah lari

Kian jauh Anda berlari, kian tertantang diri Anda untuk terus berlari dengan bagus. Oleh sebab itu, dibutuhkannya pemulihan untuk tubuh Anda. Pemulihan yang bagus berasal dari pola makan yang bagus, pendinginan otot-otot, dan rehat atau tidur yang cukup.

Salah satu pemulihan yang bisa dilaksanakan yaitu makan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein dalam waktu 30 menit sesudah menyelasaikan lari jarak jauh Anda maupun sesudah latihan. Tujuannya untuk mengabsorpsi gizi terbaik dan mengisi kekuatan kembali serta memulihkan stamina Anda.

No comments:

Post a Comment