Thursday 30 November 2017

TEKNIK LARI JARAK MENENGAH

Lari jarak menengah yakni lari dengan menempu jarak 800 meter, 1500 meter untuk putri. Walaupun untuk putra yakni mencapai jarak 800 meter, 1500 meter, dan 3000 meter. Teknik dasar lari jarak menengah tak sama dengan lari jarak pendek.  Sebab dalam lari jarak menengah jarak yang mesti dicapai  lebih jauh, pelari jarak menengah mesti jago memegang taktik supaya bisa memenangkan laga. Pelari jarak menengah mesti jago menghemat kekuatan supaya tak hingga mengalami penurunan stamina pada ketika laga berlangsung. 


a. Start

Start lari jarak menengah yakni menerapkan start berdiri. Caranya yakni pelari berdiri di belakang garis start, salah satu kaki di depan, dan kaki yang satunya di belakang dengan sedikit ditekuk. Badan sedikit condong ke depan dan kedua lengan dalam posisi yang wajar. 

b. Gerakan kaki

Yang penting untuk diamati oleh atlit pelari jarak menengah yakni:

Gerakan langkah kaki
Ayunan lengan
Posisi badan

1. Langkah kaki

Gerakan langkah kai dilaksanakan lebih santai atau lebih lambat dari pelari sprint dan dengan langkah konstan dan terkoordinasi dengan bagus.

2. Posisi tubuh

Kecondongan posisi tubuh dalam lari jarak pendek tak seconding lari sprint, sedikit lebih rileks, dan pandangan ke depan.

3. Ayunan Lengan

Lengan mengyun ke depan dan ke belakang dalam ayunan terkoordinasi dengan gerakan kaki tangan depan yang ayunannya hamper pada ketinggian bahu.

c. Sistem menjelang garis finish

Untuk menjelang garis finish dalam lari jarak menegah juga mesti dengan teknik yang benar. Ini akan menolong bagi pelari untuk bisa meraba pita finish lebih-lebih permulaan dari yang lain. Sistem menjelang garish finis yakni:

a. Membusungkan dada ke depan, ketika memasuki garis finish
b. Menjatuhkan salah satu bahu ke depan bawah. Ketika masih dalam posisi lari.

Larangan-larangan

Tak boleh meloncat ketika menjelang garis finish
Tak boleh menggapai pita finish
Tak boleh stop mendadak di garis finish.

Pengaplikasian teknik lari jarak menengah yang benar bisa menolong pelari jarak menengah bisa mendapatkan kemenangan. Untuk latihan ketahanan bagi pelari jarak menengah, bisa dengan melaksanakan latihan lari dengan ukuran lebih jauh. Seumpama lari 5000 meter atau 7000 meter. Latihan lari bisa dilaksanakan seminggu 4 atau lima kali dalam seminggu. Untuk menjaga kecepatan gerakannya, seorang pelari juga perlu mengendalikan berat badan. Pelari yang berat badannya lebih ringan akan memiliki gerakan yang lebih pesat dari pada pelari yang kelebihan berat badan. 

No comments:

Post a Comment