Monday 13 November 2017

gaya lompat tinggi

Lompat tinggi adalah olahraga yang menguji ketrampilan melompat dengan melalui tiang mistar. Lompat tinggi yaitu salah satu cabang dari atletik. Tujuan olahraga ini untuk mendapat lompatan setinggi-tingginya ketika melalui mistar hal yang demikian dengan ketinggian tertentu.Tinggi tiang mistar yang sepatutnya dilalui atlet minimal 2,5 meter,meskipun panjang mistar minimal 3,15 meter.Lompat tinggi dijalankan di gelanggang lapangan atletik.Lompat tinggi dijalankan tanpa bantun alat. Berikut empat ragam gaya lompat tinggi yang Lazim dijalankan oleh seorang Atlit Lompat Tinggi:


1. Gaya Gunting (Scissors)

Gaya Gunting (Scissors)
Gaya gunting adalah gaya yang ditemukan oleh Sweney sehingga Gaya gunting disebut juga dengan gaya Sweney. Sebelumnya pada tahun 1880, Sweney menerapkan gaya jongkok, tapi sebab kurang ekonomis karenanya Gaya Jongkok diubah menjadi Gaya gunting.

Gaya Gunting samping (Belanda : Sijschaar) diwujudkan oleh michael Sweeney sekitar tahun 1895. Berikutnya tahun 1896 sweney merubah gaya jongkok menjadi gaya gunting.

Sistem mengerjakan Gaya Gunting: Mula-mula seorang atlet mengambil awalan dari tengah. Kalau Seorang Pelompat pada ketika akan melompat menerapkan kaki kiri sebagai tumpuan lalu mengaplikasikan kaki kanan sebagai ayunan, karenanya dia mendarat (jatuh) dengan kaki kanan juga.
Baca selengkapnya...


2. Gaya Guling sisi (Western Roll)

Gaya Guling sisi (Western Roll)
Gaya sisi atau samping (westren roll/westren form) diwujudkan oleh G. Horin (Amerika) pada tahun 1912. Gaya ini ini tak dapt berkembang, sebab terbentur adanya aturan laga yang berlaku ketika ini. Pada Gaya guling sisi, ketika melalui mistar posisi kepala cenderung lebih rendah dari pinggul, hal ini tak syah/dis. Oleh karena itu gaya ini tak pernah digunakan dalam laga.


3. Gaya Guling (Straddle)

Gaya Guling (Straddle)
Gaya guling perut (straddle) atau Gaya Stradle yaitu gaya dimana saat badan melalui mistar dengan pesat diputar dan dibalikkan, sehingga sikap badan di atas mistar telangkup.

Sistem mengerjakan Gaya Guling: Pelompat mengambil awalan dari samping antara 3, 5, 7, 9 langkah Tergantung ketinggian yang penting ketika mengambil awalan langkahnya ganjil.  Menumpu pada kaki kiri atau kanan, karenanya ayunan kaki kiri/ kanan kedepan. Sesudah kaki ayun itu melalui mistar pesat badan dibalikkan, sampai sikap badan diatas mistar telangkup. Bokong usahakan lebih tinggi dari kepala, jadi kepala nunduk. Pada waktu mendarat atau jatuh yang pertama kali kena yaitu kaki kanan dan tangan kanan jikalau tumpuan menerapkan kaki kiri, lalu bergulingnya ialah menyusur punggung tangan dan usai pada bahu.


4. Gaya Fosbury Flop

Gaya Fosbury Flop
Gaya Flop diwujudkan oleh Dick (Ricarod) Fosbury, seorang pelompat tinggi dari Amerika. Dalam Olympiade Mexico tahun 1968 dengan gaya hal yang demikian Fosbury sukses menduduki jawara pertama. Mulai ketika itu pula perhatiaan para pakar atletik tertuju pada gaya baru yang unik itu. Dikatakan unik, sebab ketika melalui mistar posisi badan dalam situasi terlentang dan mendarat dengan komponen punggung terutama dulu dalam posisi terlentang.

Sistem mengerjakan Gaya Flop:
Awalan, sepatutnya dijalankan dengan pesat dan menikung/ agak melingkar, dengan langkah untuk awalan hal yang demikian kaprah – kaprah 7-9 langkah.
Tolakan, Untuk tolakan kaki hampir sama dengan lompat tinggi yang lainya.Adalah, sepatutnya kuat dengan bantuan ayunan kedua tangan untuk menolong mengangkat segala badan. Kalau kaki tolakan menerapkan kaki kanan, karenanya tolakan sepatutnya dijalankan disebelah kiri mistar. Pada waktu menolak kaki berbarengan dengan kedua tangan keatas disamping kepala, karenanya badan melompat keatas membikin putaran 180 derajat dan dijalankan bersama-sama.
Sikap badan diatas mistar, sikap badan diatas mistar terlentang dengan kedua kaki tergantung lemas, dan dagu agak ditarik ke dekat dada dan punggung berada diatas mistar dengan busur melintang.
Sistem mendarat, mendarat pada karet busa dengan ukuran (5 x 5 meter dengan tinggi 60 cm lebih) dan diatasnya ditutup dengan matras sekitar 10 – 20 cm, dan prtama kali yang mendarat punggung dan komponen belakang kepala.




No comments:

Post a Comment