Thursday 30 November 2017

CABANG CABANG OLAHRAGA ATLETIK

cabang olahraga atletik Olahraga ialah aktivitas gerak tubuh untuk melatih lahiriah atau jasmaniah kita. Berolahraga dijalankan dengan tujuan utama memberi kesejukan, kebugaran, dan kesehatan tubuh. Dalam perubahannya, olahraga lalu dibedakan menjadi sebagian ragam, salah satunya ialah atletik.

Arti atletik terang tidak asing di alat pendengaran Anda sebab kata itu memang telah tak jarang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, tahukan Anda mengenai sejarah olahraga atletik itu sendiri? Berikut ini, gulalives akan membahas sejarah olahraga atletik.



Pengertian Atletik
Istilah “atletik” berasal dari kata Yunani “athlon” yang bermakna berlaga atau beradu tanding. Kita dapat menjumpai pada kata “penthalton” yang terbagi dalam kata “pentha” bermakna lima atau panca serta kata “athlon” bermakna pertandingan. Makna rincinya merupakan “panca pertandingan” atau lomba yang terbagi dalam lima nomor.

Seandainya kita mengatakan lomba atletik, pengertiannya merupakan meliputi lomba jalan kencang, lari, lompat, serta lempar, yang dalam bahasa Inggris diterapkan makna “track and field”. Seandainya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia bermakna lomba yang dijalankan di lintasan (track) serta di lapangan (field). Arti “athletic” dalam bahasa Inggris serta “atletik” dalam bahasa jerman mempunyai pengertian yang luas meliputi bermacam cabang olahraga yang bersifat lomba atau persaingan, termasuk renang, bola basket, tenis, sepakbola, senam dan sebagainya.

Ragam – Ragam Atletik
Cabang Lari
Lari di bedakan menjadi sebagian cabang yang di tentukan menurut jarak lintasan yang di ambil

Lari Sprint / 100 meter
lari sprint di ketahui dengan nama lari jarak 100 meter hampir sama dengan lari jarak pendek, hanya bedanya lari jarak pendek memiliki jangkau 50m-400 meter.

Lari Jarak Pendek
Lari jarak pendek dijalankan sepanjang 50 sampai 400 meter. Siapa yang tercepat ke garis finish dialah pemenangnya. Lari ini mempunyai tujuan seperti untuk mengembangkan kecepatan horizontal. Kunci atlet berlari berlokasi di langkah dan frekuensi langkah sendiri. Ada sebagian level bentang pendek. merupakan fase tanggapan dan drive, percepatan tahap. Fase transisi. tahap kecepatan maksimum. pemeliharaan kecepatan fase dan selesai.

Lari Jarak Menengah
Lari jarak menengah mencapai jarak 800 hingga 150 meter. Sebelum berlari, peserta akan merekatkan telapak tangannya ke tanah. mata memperhatikan ke depan. mengayunkan lengan seperlunya. menyondongkan badan ke depan secara vertikal.

Mengayunkan paha ke depan yang disesuaikan dengan panjang tungkai sambil mengangkat lutut lebih tinggi. pada lari jarak menengah kaki menapal bal hell-ball, dimana ujung kaki dan tumit menolak tanah mengaplikasikan ujung kakinya. Pada hitungan ketiga dijalankan dengan metode berdiri. Skor penting pada lari jarak menengah ini ialah berlari seadannya. jangan terlalu memaksakan. Ketika mendekati finish, pastikan kecepatan lari dipercepat.

Lari Jarak Jauh
Disebut juga sebagai lari Marathon. Jarak yang dicapai lari Marathon menempuh 3000 meter ke atas. Lari marathon pertamakali diraih oleh Marathon. Pertandingan lari ini dijalankan di luar, biasannya mengaplikasikan jalan lazim.

Lari Estafet
Lari estafet ialah lari yang dijalankan secara bersambung oleh satu team. Tiap team terdiri dari 4 orang dan dijalankan dengan metode memberikan tongkat estafet ke tiap-tiap pelari dengan metode sambung menyambung. Dan ketika memberikan tongkat estafet dari pelari ke pelari lainnya, jaraknya telah diatur jadi tak boleh asal-asalan.

Lari sambung menyambung salah satu lomba lari yang memerlukan kekompakan regu. Peserta berlari membawa tongkat. kemudian di putaran pertama pelari memberikan tongkat terhadap pelari kedua dan seterusnya. Persyaratan lari estafet lebih dari satu orang. ketika peserta memberikan tongkat ke sahabatnya ada undang-undang tersendiri.

Jarak yang terdapat pada lari estafet ini umumnya mencakup 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter. Maksudnya ialah jarak tiap-tiap pelari ke pelari lainnya ialah 100 meter atau 400 meter. Yang dijalankan dengan sambung menyambung dengan membawa tongkat estafet yang kemudian dikasih dari pelari pertama ke pelari kedua ke pelari ketiga dan hingga ke pelari keempat.`W3

Lari Halang Rintang (Lari Gawang)
Pertandingan lari halang rintang mencapai jarak 3000 meter. Ketika berlari. peserta menerima banyak halangan dan rintangan. Rintangan ini dibedakan menjadi rintangan gawang dan rintangan water jump. Jikalau diperhatikan.

Atlet pelari satu ini memang semestinya mempunyai kecepatan lari yang super kencang. namun sanggup bertahan berlari kencang sepanjang 5000 meter ditambah kecakapan untuk melawan rintangan yang sudah disiapkan oleh panitia pertandingan.

Cabang Lempar
Sebagian Variasi Cabang Lempar yang diketahui sebagai berikut :

Lempar cakram
lempar cakramLempar cakram (Bahasa Inggrisnya Discus Throw) ialah salah satu cabang olahraga atletik. cakram yang dilempar berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan. Lempar cakram dilombakan semenjak Olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.

Metode melempar cakram dengan awalan dua kali putaran badan caranya merupakan: membatasi cakram ada 3 metode, berdiri membelakangi arah lemparan, lengan membatasi cakram diayunkan ke belakang kanan ditiru gerakan badan, kaki kanan agak ditekuk, berat badan beberapa besar ada dikanan, cakram diayunkan ke kiri, kaki kanan kendor dan tumit diangkat, lemparan cakram 30 derajat lepas dari pegangan, ayunan cakram jangan mendahului putaran badan, lepasnya cakram ditiru badan condong ke depan.

Tolak Peluru
Tolak peluru ialah suatu wujud gerakan menolak atau mendukung suatu alat bundar(peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dijalankan dari bahu dengan satu tangan untuk menempuh jarak sejauh jauhnya.

Lempar Lembing
Lempar lembing ialah salah satu cabang olahraga dalam atletik. Olahrga ini dijalankan dengan melemparkan lembing dalam jarak tertentu. Untuk menempuh jarak maksimum, atlet semestinya menyeimbangkan tiga hal, merupakan kecepatan, teknik dan energi.

Lempar LembingUkuran, wujud, berat minimum dan sentra gravitasi dari lembing diatur oleh undang-undang dari International Association of Athletics Federations (IAAF). Dalam kejuaraan internasional, laki-laki melempar lembing yang panjanganya antara 2,6-2,7 meter dan dengan berat minimum 800 gram. Sementara itu, perempuan melempar lembing yang panjangnya antara 2,2-2,3 meter dan dengan berat minimum 600 gram. Lembing hal yang demikian dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari tali dan berlokasi di sentra gravitasi lembing. Untuk laki-laki letak sentra gravitasi antara 0,9-1,06 meter meski untuk perempuan berlokasi antara 0,8-0,92 meter.

Cabang Lompat
Sebagian Variasi Cabang lari yang diketahui sebagai berikut :

Lompat Tingi
Lompat tinggi ialah olahraga yang menguji ketrampilan melompat dengan melewat tiang mistar.Lompat tinggi ialah salah satu cabang dari atletik. Tujuan olahraga ini untuk mendapat lompatan setinggi-tingginya ketika lewat mistar hal yang demikian dengan ketinggian tertentu.Tinggi tiang mistar yang semestinya dilalui atlet minimal 2,5 meter,meski panjang mistar minimal 3,15 meter.Lompat tinggi dijalankan di gelanggang lapangan atletik.Lompat tinggi dijalankan tanpa bantun alat.

Lompat Jauh
Lompaty JauhLompat jauh ialah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa spot berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dijalankan dengan kencang dan dengan jalan mengerjakan tolakan pada satu kaki untuk menempuh jarak yang sejauh-jauhnya.

lompat galahLompat jauh ialah suatu gerakan melompat yang mengaplikasikan tumpuan pada satu kaki untuk menempuh jarak sejauh-jauhnya. Target dan tujuan lompat jauh ialah untuk menempuh jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah spot pendaratan atau bak lompat. Jarak lompatan dinilai dari papan tolakan hingga ke batas terdekat dari letak spot pendaratan yang dijadikan oleh komponen tubuh.

Lompat Galah
Lompat Galah ialah lompat tinggi yang dibantu dengan mengunakan galah untuk lewat mistar. Tujuannya ialah untuk melompat yang setinggi-tingginya.

Lompat jangkit
Lompat jangkitLompat jangkit sering kali juga dikatakan dengan lompat jingkat atau lompat tiga (triple jump). Tapi istilah atau nama yang sah dipergunakan di Indonesia, merupakan yang tercantum di dalam buku Undang-undang Pertandingan yang dikeluarkan oleh PB PASI ialah lompat jangkit (Hop Step Jump).

Lompat jangkit ialah suatu lompatan yang terdiri atas jingkat (hop), langkah (step), dan lompat (jump) yang dijalankan secara berurutan dan terpadu. Adapun rangkaian gerak secara komplit ialah awalan, jingkat, melangkah, dan diakhiri dengan melompat seperti pada lompat jauh.

No comments:

Post a Comment