Monday 13 November 2017

Teknik Dasar Meroda Dalam Senam Lantai ~ Meroda yaitu suatu gerakkan ke samping/sisi, bertumpu atas kedua tangan dan kedua kaki terbuka besar/kangkang. Sepereti halnya hand stand, karenanya tenaga tangan, lengan dan bahu amat menentukan. Sekalipun kedua tangan menyangga bobot segala badan hanya dalam waktu yang amat singakat. 

Sebetulnya meroda memperhatikan wujud sikapnya yaitu hand stand dengan kedua kaki terbuka besar. Untuk kembali ke sikap berdiri tegak, meroda bergerak \\\"tumbang\\\" ke sisi, berlainan dengan hand stand yang kedua kaki kembali kebelakang dengan terpatah pada persendian. Latihan pendahuuluan untuk meroda yaitu pelbagai sikap hand stand : Hand stand dengan dibantu, kemudian kaki dibuka lebar Hand stand pada tembok atau dinding Penting sekali si kecil merasakan bobot badannya ditopang oleh satu tangan. 

Masih pada latihan, agar si kecil (badnnya) bergerak pada satu bidang vertikal. Untuk itu sebaiknya diciptakan garis agar si kecil menempatkan kedua tangan pada garis tersebut. Adalah kesalahan lazim pada latihan si kecil berkeinginan menempatkan tapak tangan pertama \\\"secepat\\\" mungkin, sehingga ia mengerjakan/menempuh \\\"jalan pintas\\\" yang mengakibatkan lutut kaki (sebelah arah meroda) terlalu dibengkokkan. Gerakkan badan ke sisi dilakukan dengan kedua kaki tangan/lengan dan kaki lurus. Tetaplah dan hanya pada posisi badan. Penempatan tangan pertama dilakukan sesaat kaki tumpu menolak, kaki yang lain dilemparkan/diayunkan. Jadi tak sebaliknya : menempatkan tangan pertama baru kaki tumpu dan keki lempar/ayun \\\"bekerrja\\\". Membantu ini menyebabkan badan membungkuk. 

Gerakkan tangan kedua (yang akan ditempatkan kemudian) hendaklah digerakkan lebih jauh (arah meroda) dan tangan pertama. Penempatan kedua tangan sepatutnya lebar + 2 x lebar bahu Kepala konsisten menengadah. Asisten si kecil meroda yaitu dengan berdiri di belakang si kecil, dengan kedua lengan bersikap siap mengontrol dan turut memutarkan bagian pinggul si kecil. 

Observasi sepatutnya bergerak kesisi sesuai arah roda yang dilakukan si kecil, terus mengikutinya hingga si kecil berdiri tegak dengan kedua kaki kangkang. kedua lutut si kecil yang meroda, tak dibetuli dibengkokkan/terpatah. Membantu ini kan menghalangi gerakkan meroda dan kaki si kecil dapat mengenai muka asisten di belakangnya.

No comments:

Post a Comment