Friday 1 December 2017

UKURAN LAPANGAN BOLA VOLI LENGKAP

Gambar Lapangan Bola Voli Dan Ukurannya
admin 12 Comments Voli Jumat, 10 Oktober 2014
Ukuran lapangan bola voli – Untuk mengerjakan permainan bola voli sama halnya dengan  olahraga lainnya. Diperlukan sebuah daerah atau lapangan untuk bermain. Pada biasanya lapangan voli berukuran 18x9 meter dan yakni ukuran standar, bagus secara nasional atau internasional sehingga tak ada perbedaan bagus di Indonesia ataupun di luar negeri. 

Kalau ada yang membikin lapangan lebih kecil, dapat jadi sebab zona yang tersedia tak memadai sehingga dibuatlah lapangan dengan ukuran lebih kecil, seperti lapangan untuk latihan atau sekadar berlatih mengenai teknik dasar bola voli seperti smash, blok, teknik passing atau teknik-teknik lain-lain. 

Sebagaimana kita tahu bahwa olahraga bola voli termasuk salah satu tipe olahraga yang diminati banyak orang, bagus buah hati-buah hati, remaja hingga orang tua menyenangi tipe olahraga ini. Disamping sistem permainannya yang gampang, bermain bola voli dapat dikerjakan oleh siapa saja bagus wanita atau pria. 

Kalau anda telah umum bermain bola voli mungkin telah tahu berapa ukuran lapangan bola voli bagus lebar atau panjang lapangan termasuk jarak mengerjakan servis dan sebagainya. Bagi anda yang belum mengerti silahkan amati gambar dibawah ini 
Teknik dasar bola voli
Sesudah memandang gambar lapangan bola voli di atas, kita telah dapat mengenal ukuran rincinya mulai dari ukuran lebar atau panjang nya, termasuk berapa ukuran zona atau daerah mengerjakan servis saat akan mengawali permainan, untuk rincinya dapat liaht rincin berikut ini :

Ukuran Luas : Panjang Dan Lebar Lapangan :
- Ukuran panjang lapangan : 18 Meter
- Ukuran lebar lapangan : 9 meter
- Ukuran Lebar Garis Serang : 3 Meter
- Ukuran Lebar Garis Tengah (Center Line) : 5cm
- Ukuran zona servis (serving zona) : 3 meter

Dari rincian diatas bahwa Lapangan volly secara keseluruhan mempunyai panjang 18 meter (Delapan Belas Meter)  tak kurang tak lebih dan yakni ukuran lazim atau standar internasional, sedang lebarnya 9 meter. Dalam permainan bola voli terdiri dari 2 tim, jadi masing-masing regu/tim menempati separo lapangan dengan ukuran 9 meter sesudah dipisahkan dengan jaring net pada komponen tengah lapangan. Untuk ukuran net dapat dilaihat dibawah ini :

Ukuran Tiang Dan Net 
- Tinggi tiang net : 2,55 meter (Dua separuh meter lima lebih)
- Tinggi Net Untuk Laki-laki (Man) : 2.43 meter
- Tinggi Net Untuk Perempuan (women) : 2.24 meter
- Lebar Net : 1 meter
- Panjang Net : 9.5 meter
- Mata jala net  : 10 centimeter
- Pita Komponen tepi atas net  : 5 centimeter
- Pita samping net : 5 centimeter 
- Jarang Tiang Net Dengan pinggir lapanagn :0.6meter
- Tinggi Antenna : 80 cm

Net atau jaring net dalam permainan bola voli terbuat dari rangkaian benangber format kotak-kotak dengan ukuran kotak 10 cm. Panjang net 9,5 hingga 10 meter atau lebih panjang dari ukuran lebar lapangan, mengapa? sebab berdirinya tiang untuk mengikat net berada diluar lapangan kurang lebih 0,5 meter, sehingga jaring seharusnya lebih panjang. Meski tinggi jaring 1 meter.

Pada komponen tepi atas net terdapat pita umumnya berwarna putih berukuran 5 cm. Net dipasang melintang ditengah lapangan di ikatkan pada tiang kanan kiri lapangan. Pemasangan jaring net seharusnya sama tinggi sehingga setara dan di ikat dengan kuat.


Ukuran bola voli 
- Berat bola voli : 200 - 280 gram
- Keliling lingkaran : 65 – 67 cm


Bola yang dipakai dalam permainan bola voli juga mempunyai ukuran standar, dengan berat 20 hingga 280 gram. sedang keliling pada lingkaran bola 65 hingga 67 cm. Mengenai warna bola ada banyak alternatif warna, hal itu bertujuan untuk mempermudah pemain memandang perputaran bola dikala dimainkan sehingga pemain dari masing-masing tim bisa mengantisipasi datangnya bola.

Ukuran Lapangan Dari Samping : 

Kalau dilaihat dari arah samping, dapat kita simpulakan  bahwa lapangan bola voli mempunyai ukuran persigi panjang dengan ukurang Panjang 18 meter dan Lebar 9 meter. Pada ukuran panjang terbagi menjadi 4 komponen. Pada garis tengah daerah memasang jaring net, meski kanan kiri net zona serang masing-masing tim permainan 

Situasi lapangan seharusnya datar dan kelihatan sama hal itu untuk menjaga kenyamanan pemain dikala beradu tanding sehingga tak memunculkan bahaya secara lahiriah. Lapangan seharusnya kering dan tak licin termasuk tak boleh ada pasir atau sejenisnya yang membikin situasi lapangan menjadi kurang nyaman.

No comments:

Post a Comment