Friday 1 December 2017

PERMAINAN BOLA VOLI

Pengertian Permainan Bola Voli – Sejarah, Aturan, Teknik, Makalah.

Permainan bola voli ialah salah satu olahraga dunia yang diminati banyak orang. Di Indonesia sendiri, penggemar bola voli mulai banyak bermunculan.

Hal ini bisa dipandang dari banyaknya lomba sah bola voli yang di adakan, dan munculnya kelompok sosial-kelompok sosial penggemar bola voli di tanah air.

Tulisan berikut ini akan membahas pengertian permainan bola voli secara komplit dari segi sejarah, hukum, dan teknik bermain bola voli.
                                                                                                                                                               

Pengertian Permainan Bola VoliBola voli ialah olahraga permainan yang terdiri dari dua grup. Masing-masing grup saling berlawanan dan mempunyai member regu sebanyak enam orang.

Kecuali bisa dimainkan secara beregu, terdapat juga macam permainan bola voli yang bisa dimainkan secara berpasangan maupun satu lawan satu.


Tujuan permainan bola voli yakni melempar bola dari atas net supaya bisa jatuh ke gelanggang bermain lawan dan mencegah lawan melaksanakan penyerangan serupa kepada regu.

Olahraga voli tingkat dunia dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball), padahal di Indonesia dinaungi oleh organisasi PBVSI (Persatuan Bola Voli Segala Indonesia).

Olahraga bola voli yaitu salah satu cabang olahraga yang memerlukan kelincahan pemain serta kerjasama regu yang bagus. Tiap pemain akan bergerak melaksanakan serangan (smash) dan bertahan menghadapi gempuran lawan. Kesigapan dan kelincahan pemain sungguh-sungguh diperlukan supaya bisa menyusun regu bola voli yang tangguh.

Sejarah Permainan Bola Voli


Asal Mula Olahraga Bola Voli

Pencipta permainan bola voli ialah William G. Morgan. Beliau yaitu seorang guru pengajaran lahiriah di Young Men Christian Association (YMCA), di kota Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Pada permulaan perkembangannya, Morgan mewujudkan permainan bola voli dengan memukul-mukul bola ke atas melalui jaring-jaring yang membagi lapangan menjadi dua komponen.

Berikutnya, permainan hal yang demikian terus-menerus mengalami perkembangan menuju arah yang lebih modern.

Perkembangan hal yang demikian diawali dari alat yang diterapkan dalam permainan, umpamanya bola dan jaring. Morgan bahkan mulai mengorder bola khusus untuk permainan voli terhadap perusahaan yang memproduksi alat-alat olahraga. Bola itulah yang berikutnya diketahui sebagai bola voli.

Berkembangnya Olahraga Permainan Bola Voli Di Dunia

Mulanya, Morgan menamai permainan hal yang demikian dengan sebutan ‘minnonete’. Rekan Morgan, Dr. Halsted Springfield memberi rekomendasi supaya Morgan mengganti nama ‘minnonete’ menjadi ‘volleyball’. Pamor permainan bola voli bahkan kian menanjak sesudah itu.

Institusi pengajaran YMCA, daerah Morgan berprofesi, juga mulai mengadakan persaingan bola voli. Kejuaraan bola voli nasional yang pertama bahkan sukses digelar pada tahun 1922.

Pada tahun 1929, organisasi nasional yang menaungi permainan bola voli bahkan didirikan dan diketuai oleh George J. Fisher.

Permainan bola voli bahkan mulai diketahui di beragam negara seperti Uni Soviet, Rumania, Jepang, dan Pakistan.

Pada tahun 1961, organisasi bola voli di Pakistan menyelenggarakan persaingan bola voli yang dikasih nama Morgan Cup Tournament. Persaingan hal yang demikian dihasilkan sebagai format penghargaan kepada William Morgan sebagai pencipta permainan bola voli.

Permainan bola voli mulai diketahui di Indonesia pada 1928. Bola voli diperkenalkan terhadap rakyat Indonesia lewat serdadu Hindia Belanda. Kemudian, pada 22 Januari 1955 lahirlah organisasi yang menaungi olahraga voli bernama Persatuan Bola Voli Segala Indonesia (PBVSI).

Aturan Permainan Bola Voli

Aturan Permainan Bola VoliBerikut ini ialah sebagian hukum dasar dalam permainan bola voli yang ditentukan oleh FIVB dan PBVSI:

Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan bola voli berdasarkan FIVB ialah 9 meter x 18 meter dengan garis batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah. Garis tepi lapangan sepatutnya berukuran 5 cm.

Bola Voli

Bola standar yang diterapkan dalam permainan voli sepatutnya memenuhi kriteria berikut ialah:

Berbentuk bulat
Terbuat dari kulit lunak atau bahan sintetis
Bola mempunyai diameter 65-67 cm dengan massa 260-280 gram
Bola sepatutnya mempunyai kombinasi warna
Jumlah Regu

Permainan terdiri dari dua tim, yang masing-masing regunya beranggotakan enam orang pemain termasuk libero. Libero ialah pemain yang keluar-masuk tetapi tak mempunyai hak untuk melaksanakan smash kepada bola sampai ke seberang net.

Baju

Tiap pemain bola voli sepatutnya menggunakan atribut sebagai berikut:

Pakaian, t-shirt, atau jersey dengan nomor punggung dan nomor dada
Celana pendek yang pada komponen paha kanan terdapat nomor
T-shirt kaki dan sepatu karet
Pengevaluasian

Pengevaluasian pada permainan bola voli ditetapkan dibagi menjadi dua kriteria ialah, kekeliruan reli dan kemenangan dalam tiap set. Berikut ialah unsur-unsur yang diterapkan untuk pengukuran:

Sekiranya pelaku servis memenangkan reli, karenanya timnya menerima satu nilai dan sepatutnya melanjutkan servis
Sekiranya pelaku servis gagal melaksanakan reli, karenanya tim lawan menerima satu nilai dan mempunyai hak melaksanakan servis
Suatu set, selain set V, dimenangkan oleh suatu tim yang menerima angka 25 terpenting dulu dengan minimal selisih dua angka
Sekiranya permainan seri (24-24), karenanya permainan dilanjutkan hingga nilai meraba angka selisih dua
Sekiranya kedudukan kemenangan set 2-2, karenanya pada set penentuan (set V), dimainkan sampai nilai menempuh angka 15 dengan selisih minimal dua angka
Sekiranya satu tim menolak untuk bermain sesudah dipanggil, karenanya tim hal yang demikian diungkapkan keok 0-3 dan 0-25 untuk setiap set
Teknik Permainan Bola Voli


Berikut yaitu sistem bermain bola voli serta teknik dasar permainan yang patut dipegang oleh tiap pemain:

Servis Atas

Sistem bermain bola voli dengan teknik servis atas ialah sebagai berikut:

Berdiri sambil mengontrol bola mengaplikasikan satu tangan. Tempatkan salah satu kaki yang berlawanan dengan tangan yang diterapkan untuk memukul.
Lambungkan bola voli ke atas melalui kepala, lalu pukul bola hal yang demikian dengan sistem mengayunkan tangan pemukul ke arah bola.
Lakukan gerakan berikutnya dengan melangkahkan kaki belakang ke depan lalu luruskan tangan pemukul meniru arah bola.
Mengumpan Bola

Ada dua tipe teknik mengumpan bola menurut arah datangnya bola:

Mengumpan Bola Atas
Sistem mengumpan bola atas bisa dijalankan dengan berdiri rileks terpenting dulu, lalu buka kedua kaki selebar bahu dengan posisi searah, dan arahkan pandangan pada bola. Tekuk kedua lutut, lalu tempatkan kedua tangan di depan muka. Tekuk pula kedua sikut, dan buka jari-jari dengan rileks. Dorong bola dengan kedua telapak tangan sambil meluruskan kedua tangan dan dibantu dengan meluruskan tungkai.
Mengumpan Bola Bawah
Berdiri rileks, lalu buka lebar-lebar kedua kaki dengan searah, dan arahkan pandangan pada bola. Tekuk kedua lutut dan tempatkan kedua tangan di depan badan. Kemudian, ayunkan kedua tangan dari bawah ke atas (ke arah bola) dibantu dengan meluruskan kedua tungkai.
Memukul Bola Keras (Smash)

Lambungkan bola melalui kepala, condongkan badan sedikit ke belakang, lalu gerakkan badan ke depan dengan gerakan mengayunkan tangan pemukul dari belakang ke depan (ke arah bola).
Berikutnya, lakukan gerakan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan lalu luruskan tangan pemukul meniru arah bola. Untuk menerima pukulan yang lebih keras, lakukan gerakan melompat ke depan.
Teknik Menahan Bola (Blocking)

Kondisikan tubuh dalam posisi berjongkok.
Lompat dengan situasi kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
Dikala kaki mendarat, langsung menyingkir untuk memberikan peluang pada rekan satu tim untuk melaksanakan blocking. Terdapat dua ragam teknik blocking ialah blocking tunggal dan ganda. Blocking tunggal ialah teknik menahan bola yang dijalankan oleh satu pemain, padahal blocking ganda dijalankan oleh dua pemain atau lebih.

No comments:

Post a Comment